Friday, March 22

Jus Tomat Yang Menyegarkan, Pelepas Dahaga Kaya Manfaat

Jus tomat (Foto : Istimewa)

Triwarta.com, Jakarta – Saat sedang haus kebanyakan orang sering sekali mengambil minuman soda atau minuman manis lainnya. Padahal seperti kita ketahui minuman tersebut memiliki banyak bahan berbahaya yang bisa merusak tubuh Anda, salah satunya memicu penyakit kencing manis.

Dibandingkan Anda meminum minuman yang menjadi racun bagi tubuh, lebih baik Anda mencari minuman yang menyehatkan Anda seperti jus tomat.

Mengapa jus tomat? Ada 5 alasan yang membuat Anda harus memilih jus tomat untuk melepas dahaga yaitu:

1. Mengandung likopen

Buah tomat mengandung likopen yang cukup tinggi. Likopen berguna untuk mencegah kanker, menstimulasi aliran darah dan membantu menurunkan tekanan darah. Tapi memang untuk mendapatkan hasil likopen yang baik adalah dengan menggorengnya, tapi bila Anda membuat jus dari buah tomat maka manfaat likopen masih Anda dapatkan.

2. Mengandung banyak vitamin

Tomat mengandung banyak vitamin yaitu vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, vitamin C yang membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh. Kemudian vitamin lainnya adalah vitamin K, B1, B2, B3, B5 dan B6.

3. Mengandung mineral penting

Tomat mengandung banyak mineral penting yaitu kalium. Apabila kadar kalium dalam tubuh rendah maka akan membuat Anda sering merasa kelelahan, selain itu juga menjaga jantung Anda. Kemudian tomat juga mengandung mineral magnesium, besi dan fosfor yang juga dibutuhkan oleh tubuh.

4. Mengandung serat yang tinggi

Serat sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan Anda, selain itu serat juga membantu mengurangi LDL yang merupakan kolesterol jahat dalam tubuh, semakin tinggi kadar LDL dalam tubuh maka akan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, stroke dan beberapa penyakit jahat lainnya.

5. Kandungan air yang tinggi

Seperti judul diatas bila Anda ingin menghilangkan dahaga maka minumlah jus tomat,kandungan air yang tinggi dalam tomat akan membantu mengatasi rasa haus Anda.

Untuk mendapatkan semua manfaat dari buah tomat usahakan untuk tidak mengupas kulitnya. Karena kulit tomat mengandung serat yang lebih tinggi.

Sumber: everydayhealth

Penulis : Ana
Editor : Ulfa

Leave a Reply

%d bloggers like this: