Friday, March 22

Yuk Kenali Penyebab Bayi Sering Muntah

bayi muntah (Foto : Istimewa)

Triwarta.com, Jakarta – Muntah pada bayi merupakan kondisi keluarnya isi perut secara paksa. Saat hal ini terjadi, bayi cenderung menjadi rewel. Muntah yang keluar begitu saja, biasanya setelah menyusui, umumnya disebabkan lambung bayi tidak bisa menampung makanan yang masuk.

Terdapat berbagai penyebab bayi sering muntah, mulai dari yang wajar sampai yang harus diwaspadai. Di antaranya:

Makan atau minum terlalu banyak dan cepat
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ukuran lambung bayi yang masih kecil butuh penyesuaian dengan porsi susu atau makanan. Bayi butuh bersendawa agar makanan yang masuk bisa muat di perutnya. Memaksakan bayi makan terlalu banyak dan terlalu cepat dapat membuat bayi muntah.

Mengalami gangguan pencernaan
Bayi sering muntah secara tiba-tiba diiringi dengan diare, bisa menandakan adanya gangguan pencernaan gastroenteritis. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh infeksi virus, dan kadang juga oleh bakteri dan parasit.

Alergi terhadap susu atau makanan
Bayi yang muntah setelah disusui mungkin mengalami alergi protein, baik pada ASI maupun susu formula. Kondisi ini muncul karena sistem kekebalan tubuh bayi bereaksi berlebihan terhadap protein di dalam susu yang diminumnya. Kasus alergi susu terbilang jarang ditemukan pada bayi, namun jika hal ini terjadi pada bayi Anda, segera konsultasikan pada dokter anak.

Stenosis pilorus
Stenosis pilorus terjadi karena otot yang mengontrol katup yang mengarah dari lambung ke usus menebal. Hal ini membuat makanan dan susu tidak dapat mengalir ke usus, sehingga tetap tertahan di lambung atau malah naik ke kerongkongan. Kondisi yang biasanya terjadi dalam waktu 30 menit setelah makan ini, umumnya dialami oleh bayi berusia sekitar 6 minggu, namun bisa terjadi kapan saja sebelum usianya mencapai 4 bulan. Karena kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lain, seperti dehidrasi dan kekurangan gizi, bayi Anda membutuhkan penanganan dokter sesegera mungkin.

Mengalami penyakit serius
Bayi sering muntah, apalagi sehabis disusui, memang merupakan hal yang wajar. Namun bukan berarti orang tua boleh mengabaikan kondisi ini, karena muntah juga bisa menjadi gejala meningitis, infeksi saluran kemih, atau usus buntu. Gejala penyerta muntah yang perlu diwaspadai pada bayi adalah demam, lemas, tidak mau minum, dan terlihat sesak.

Penulis : Ana
Editor : Ulfa

Leave a Reply

%d bloggers like this: