Sunday, March 24

Tips Mengontrol Penggunaan Gawai Pada Anak

anak kecanduan gawai (Istimewa)

Triwarta.com, Jakarta – Anak Anda menghabiskan waktunya terlalu lama untuk bermain gawai? Berikut ini ada anjuran dari dr. Resthie yang bisa Anda coba untuk menghadapi si kecil yang mulai kecanduan gawai.

Berikan contoh
Sebagian besar perilaku anak berasal dari hasil meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Bila Anda tak berhenti menggunakan gawai, tentu anak akan menirunya. Jadi, jika ingin anak berhenti bergantung pada gawai, Anda harus memberinya contoh dengan tidak sering bermain gawai di depannya.

Berikan rutinitas baru bagi anak
Bila menggunakan gawai telah menjadi rutinitas anak, tentu dia akan bingung atau marah bila rutinitas itu dihentikan tanpa ada penggantinya. Sebagai solusi, gantilah rutinitas bermain gawai dengan aktivitas yang menarik seperti membaca cerita atau menggambar.

“Bila anak terbiasa menggunakan gawai di sore hari, ganti rutinitasnya dengan mengajak anak melakukan aktivitas fisik, seperti bersepeda, berenang, main petak umpat, dan sebagainya,” kata dr. Resthie.

Ajak anak terlibat aktivitas bersama anak lain
Anak yang kecanduan gawai cenderung lebih suka menyendiri. Hal ini dapat mengganggu kemampuannya dalam bersosialisasi. Agar hal tersebut tidak berlanjut, ajak si Kecil bermain bersama dengan anak lain yang sebaya dengannya, misalnya bermain dengan anak tetangga atau melakukan playdate.

Buat kesepakatan yang jelas bersama anak
Buatlah kesepakatan serinci mungkin dengan anak mengenai waktu menggunakan gawai yang diizinkan. Sebisa mungkin, hindari penggunaan pada waktu makan, mengerjakan tugas, atau menjelang tidur. Tentukan juga konsekuensi yang diterimanya bila kesepakatan tersebut dilanggar.

Anak Anda mulai kecanduan gawai? Lakukan langkah-langkah di atas untuk mengatasinya. Sebisa mungkin, batasi penggunaan gawai pada anak. Sebab, kesehatan otak dan tumbuh kembang anak Anda sangatlah penting!

Penulis : Ana
Editor : Ulfa

Leave a Reply

%d bloggers like this: