Sunday, March 24

Tanda-Tanda Terlalu Tergantung Pada Pasangan

(Foto : Istimewa)

Triwarta.com, Jakarta – Setiap orang pasti ingin selalu dekat dengan pasangannya, akan tetapi terlalu bergantung pada pasangan Anda bukanlah suatu hal yang baik. Bila Anda sulit membuat keputusan bagi diri Anda sendiri atau tidak dapat menyelesaikan kegiatan sehari-hari tanpa pertolongan pasangan Anda, maka hal ini bisa jadi tanda bahwa Anda terlalu tergantung pada pasangan Anda. Hal ini bukanlah bagian dari suatu hubungan asmara yang sehat.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa tanda lainnya yang menunjukkan bahwa Anda terlalu tergantung pada pasangan Anda.

Anda Tidak Pernah Bertemu Dengan Teman Anda

Jika Anda selalu menempel pada pasangan Anda dan merasa bahwa Anda harus melakukan segala sesuatu bersamanya, maka Anda mungkin akan kehilangan kesempatan untuk berpergian bersama dengan teman-teman Anda.

Menurut sebuah survei yang dilakukan sebuah situs pertemanan online, memiliki pasangan merupakan salah satu penyebab utama mengapa seseorang kehilangan kontak dengan teman-temannya.

Anda Tidak Percaya Diri

Terlalu bergantung pada pasangan biasanya akan membuat Anda kekurangan rasa percaya diri, yang pada akhirnya akan membuat Anda semakin ingin terus berdekatan dengan pasangan. Hal ini dapat membuat Anda mengorbankan kebutuhan Anda untuk menyenangkan pasangan Anda.

Memang benar bahwa melakukan sesuatu hal yang baik bagi pasangan Anda adalah hal yang luar biasa, tetapi bukan berarti Anda hanya dapat merasa percaya diri bila berhasil melakukannya.

Anda Merasa Tidak Puas, Kecuali Saat Bersama Dengan Pasangan

Untuk merasa bahagia dan puas dengan kehidupan Anda, maka Anda harus mendapatkan keseimbangan di dalam hidup Anda. Memang benar bahwa sebagian besar kebahagiaan Anda mungkin berasal dari pasangan Anda, akan tetapi menjadikan pasangan Anda sebagai satu-satunya sumber kebahagiaan Anda dapat membuat Anda merasa kurang puas.

Bila Anda mulai merasa sangat tidak puas dengan teman, keluarga, situasi kehidupan, dan kehidupan itu sendiri secara keseluruhan saat pasangan Anda tidak sedang berada di samping Anda; maka hal ini merupakan tanda peringatan bagi Anda.

Untuk menghindari rasa ketergantungan yang berlebihan ini, cobalah untuk berpergian bersama dengan teman atau keluarga Anda. Dengan demikian, Anda pun dapat lebih menghargai berbagai aspek lain dalam kehidupan Anda dan menghilangkan rasa ketergantungan Anda ini.

Anda Merasa Cemas Saat Memikirkan Hubungan Anda Dengan Pasangan

Saat Anda sudah terlalu lama bergantung pada pasangan, maka Anda mungkin akan merasa sangat lelah dan merasa cemas saat berada di dekat pasangan Anda. Bukannya merasa bahagia dan dicintai, Anda justru akan merasa stress dan tidak nyaman saat berada di dekat pasangan Anda, tanpa mengetahui apa penyebabnya.

Anda Kesulitan Membuat Keputusan Bagi Diri Anda Sendiri

Bingung apakah Anda sebaiknya ikut pergi bersama dengan teman Anda tanpa terlebih dahulu bertanya pada pasangan Anda? Bila ya, maka Anda mungkin memang sudah terlalu bergantung pada pasangan Anda.

Oleh karena itu, akan lebih baik bila Anda membuat rencana Anda sendiri dan memberitahu pasangan Anda. Jika pasangan Anda tampak tidak senang saat Anda pergi bersama dengan teman-teman Anda dan meninggalkannya sendirian, maka si dia mungkin mengalami ketergantungan pada Anda.

Sumber: cheatsheet

Penulis : Ana
Editor : Ulfa

Leave a Reply

%d bloggers like this: