Friday, March 22

Berbagai Jenis Makanan Untuk Mengatasi Kelelahan

(Foto : realfoodforlife.com)

Triwarta.com, Jakarta – Kelelahan dan badan pegal-pegal dapat disebabkan oleh berbagai hal. Tetapi para ilmuwan mengatakan salah satu penyebab kelelahan adalah kekurangan nutrisi. Karena kekurangan nutrisi, tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jadi lain kali saat Anda merasa kelelahan, cobalah atasi dengan makanan berikut:

1. Semangka
Semangka merupakan salah satu buah yang dapat mengatasi kekurangan cairan tubuh. Semangka dapat menghidrasi tubuh sehingga kandungan 90% air didalamnya.

2. Gandum utuh
Karbohidrat merupakan bahan bakar untuk otak. Kandungan karbohidrat kompleks didalam gandum utuh dapat meningkatkan energi tubuh Anda secara bertahap. Gandum utuh juga dapat mempertahankan kadar gula darah tanpa meningkatkan gula darah secara signifikan. Salah satu pilihan pengganti gandum utuh adalah oatmeals.

3. Dark coklat
Beberapa studi mengatakan sedikit dark coklat dapat mengembalikan energi tubuh dan membuat kerja otak lebih meningkat. Dark coklat dapat menstimulasi sel-sel otak agar bekerja lebih cepat.

4. Walnut
Walnut tak hanya menjadi camilan yang renyah dan lezat. Kacang ini bisa memberikan energi makro sekaligus nutrisi mikro yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari walnut antara lain magnesium, tembaga, besi, mangan, seng, kalsium, omega 3, vitamin E, asam folat, dan vitamin lainnya dalam kelompok B. Vitamin E dapat mengurangi inflamasi (radang) pada otak dan melindungi neuron. Orang-orang yang kekurangan vitamin E dalam darah lebih rentan mengalami depresi.

5. Kacang
Kacang mengandung serat tinggi sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Selain itu kacang juga kaya akan magnesium dan dapat membuat gula darah lebih stabil.

6. Makanan yang kaya vitamin C
Buah-buahan jenis citrus, lada merupakan jenis makanan yang dapat meredakan rasa lelah pada tubuh. Kandungan antioksidan didalamnya dapat menurunkan tingkat stress didalam tubuh Anda. dengan mengkonsumsi vitamin C secara teratur dapat membuat fungsi tubuh berjalan lebih mulus dan meningkatkan tingkat energi.

7. Kentang
Kentang terbaik yang baik untuk menjaga kesehatan dan memulihkan energi Anda adalah kentang dengan kulit berwarna merah atau keunguan. Kentang tersebut memiliki zat phytonutrient sebanyak brokoli dan mengandung berbagai vitamin. Zat lain yang ada dalam kentang yaitu asam folat, iodin dan kukoamine yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Menyantap kentang panggang atau kentang kukus bisa menjadi pilihan yang sehat

8. Telur
Telur kaya akan protein, zat besi dan zinc yang merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu kandungan protein di dalam telur mampu mencukupi kebutuhan kalori tubuh.

9. Daging tanpa lemak
Pernah mencoba memakan burger atau pizza dengan daging berlemak saat Anda merasa lelah? Makanan tersebut akan segera meningkatkan energi Anda, tetapi juga tiba-tiba menurun karena makanan tersebut kaya akan garam yang justru akan merusak kandungan energi didalamnya. Cobalah untuk memakan daging tanpa lemak karena lebih kaya akan protein yang dapat membangun otot dan kandungan asam amino didalamnya juga dapat mempercepat kerja otak.

Sumber: magforwomen

Penulis : Ana
Editor : Ulfa

Leave a Reply

%d bloggers like this: