Sunday, March 24

Kenali Belajar Matematika Menyenangkan untuk Si Kecil

(Foto: haibunda.com)

Triwarta.com, Jakarta – Belajar Matematika dengan Menyenangkan, penting untuk membuat anak berpikir positif lebih dulu bahwa mereka bisa mengerjakan soal-soal matematika.

Balita usia 2-3 tahun kemungkinan sudah dapat mengenali angka, tapi belum bisa menggunakannya sebagai sarana menghitung benda. Di usia ini Bunda dapat mulai memperkenalkan hitungan dengan cara yang menyenangkan, seperti menghitung langkah kaki.

Di usia 3-4 tahun, anak mulai memahami konsep jumlah. Sementara di usia 4-6, ia mulai bisa mengasosiasikan jumlah barang dengan angka, yang berarti adalah mereka mulai dapat menghitung. Sementara di usia 5-7 tahun, Bunda dapat melihat ia bisa menghitung jumlah temannya atau mengambil permen dengan jumlah yang sama untuk dibagikan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan Bunda untuk belajar berhitung dengan menyenangkan, seperti:

1. Menghitung berapa mobil berwarna merah yang ditemui sepanjang perjalanan ke supermarket.
2. Menghitung berapa jumlah baju yang baru diangkat dari jemuran.
3. Menghitung jumlah sayur atau buah yang akan dimasak hari itu.
4. Bunda juga dapat mengajaknya membantu pekerjaan rumah sambil berhitung. Misalnya, memisahkan pakaian putih dari pakaian berwarna untuk dicuci sambil menghitungnya..

Hal yang pasti, Bunda perlu ingat bahwa kesulitan yang dihadapi anak seharusnya tidak membuat Bunda panik, tapi justru membuat Bunda ingat untuk terus memotivasi. Bunda bisa mengatakan pada anak bahwa ia tidak perlu sempurna dalam matematika, namun tetap ajak Si Kecil berusaha sebaik mungkin.

 

Penulis: Fariana

Editor: Ulfa

Leave a Reply

%d bloggers like this: