Monday, March 25

Manfaat Sereh untuk Berbagai Penyakit

(Foto: alodokte.com)

Triwarta.com, Jakarta – Setiap 100 gram sereh mengandung 100 kalori. Sereh juga mengandung karbohidrat, sedikit protein dan lemak, vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, kalium, dan natrium yang dapat bermanfat untuk berbagai penyakit, diantaranya

1. Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan yang tinggi dalam sereh dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan menghambat proses oksidasi di dalam tubuh, serta menurunkan metabolisme sel-sel karsinogenik.

Citral yang terdapat di dalam sereh juga dapat membantu membunuh sel-sel kanker tanpa membahayakan sel-sel sehat. Geraniol dan citronellol merupakan agen anti kanker lain yang juga terdapat di dalam sereh. Konsumsi sereh dapat membantu mencegah terjadinya kanker ovarium (indung telur) dan kanker pankreas.

2. Menjaga Kesehatan Kulit
Berbagai antioksidan di dalam sereh dapat membantu mengendalikan berbagai kerusakan akibat radikal bebas pada kulit sehingga mencegah proses penuaan kulit, pembentukan keriput dan pigmentasi (noda hitam) pada kulit.

Vitamin A pada sereh dapat membantu mengatasi kanker. Agen anti jamur dan anti bakteri di dalam sereh juga dapat mencegah berbagai infeksi dan gangguan kulit. Minyak sereh sangat berguna sebagai pelembab kulit dan dapat mencegah terjadinya kulit kering dan eksim.

3. Mencegah Rasa Cemas dan Depresi
Sereh dapat membantu mengendalikan neuroreseptor di dalam otak. Stress dan depresi dapat diatasi dengan minyak sereh. Sereh juga dapat membantu menguatkan sistem saraf.

4. Membantu Mencegah Radang Sendi
Sereh juga dapat membantu mengatasi nyeri sendi, nyeri otot, spasme toto, nyeri kepala, dan radang sendi karena mengandung agen anti inflamasi (anti radang) di dalam minyak sereh. Antioksidan di dalam sereh juga dapat membantu mengurangi kerusakan pada jaringan dan sel-sel lemak.

5. Membantu Mengatasi Flu dan Batuk
Agen antimikroba di dalam sereh dapat membantu meredakan gejala flu dan bronkitis (infeksi saluran pernapsan). Dianjurkan untuk mengkonsumsi teh sereh untuk membantu mengatasi demam. Minyak sereh juga dapat membantu menghangatkan tubuh.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan
Sereh juga berfungsi untuk membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Sereh merupakan agen diuretika alami sehingga dapat membantu mengeluarkan berbagai racun dan zat sisa dari dalam tubuh. Teh sereh juga dapat membantu mengurangi lemak di dalam tubuh dan mengatasi rasa lapar.

7. Meningkatkan Ketajaman Penglihatan
Sereh mengandung banyak vitamin A yang baik bagi kesehatan mata anda. Vitamin A dapat membantu meningkatkan fungsi retina dan sel batang (berfungsi untuk mencegah terjadinya kebutaan di malam hari atau rabun senja).

8. Membantu Pencernaan
Sereh juga dapat membantu kerja sistem pencernaan anda dan memperlancar buang air besar. Teh sereh sering dikonsumsi untuk mengatasi perut kembung dan diare.

9. Menutrisi Rambut
Minyak sereh yang dioleskan pada rambut dapat membuat rambut tampak lebih tebal dan berkilau. Minyak sereh ini berfungsi sebagai pelembab rambut alami dan dapat mencegah ketombe dan kulit kepala kering. Encerkan minyak sereh sebelum digunakan pada rambut anda.

10. Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari sereh bagi kesehatan adalah:
• Membantu mengatasi hipertiroidisme, yaitu kelenjar tiroid memiliki aktivitas berlebihan (minyak sereh)
• Membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah di seluruh tubuh (kalium)
• Membantu mengatasi nyeri menstruasi dan mual (teh sereh)

Sumber: foodtofitness

Leave a Reply

%d bloggers like this: