Sunday, March 24

Gangguan Kepribadian Ganda Sama Dengan Skizofrenia?

(Foto: doktersehat.com)

Triwarta.com, Jakarta – Kepribadian ganda merupakan suatu kelainan yang seringkali tidak disadari oleh banyak orang, kemungkinan perubahan kepribadian seseorang membuatnya seperti sedang kerasukan atau kesurupan.

Banyaknya kepribadian yang muncul dalam diri seseorang merupakan respons adaptif terhadap rasa sakit, takut, dan trauma yang luar biasa. Hal ini mirip dengan mekanisme pertahanan diri.

Masing-masing kepribadian pada gangguan kepribadian ganda memiliki identitas berbeda satu sama lain. Setiap kepribadian memiliki pola pikir, cara berbicara, perilaku, jenis kelamin, dan usia yang berbeda. Masing-masing kepribadian dapat memegang kendali penuh atas tubuh si penderita secara bergantian. Penderita merasa ada orang lain yang hidup di tubuhnya.

Tanda-tanda pada gangguan kepribadian ganda adalah:

1. Mengalami penyimpangan ingatan
Penderita sering lupa tanggal penting dalam hidupnya, seperti tanggal lahir, tanggal kelahiran anak, atau tanggal pernikahan. Sifat lupa ini dinilai jauh lebih parah dibandingkan sifat lupa yang normal. Penderita juga sering kali tidak ingat alasan ketika sedang berada di suatu tempat.

2. Merasa asing dengan orang-orang di sekitar
Penderita dipanggil orang lain dengan nama A, padahal dia merasa namanya B. Selain itu dia merasa tidak mengenali orang-orang di sekitarnya ketika kepribadiannya berganti.

3. Memiliki gangguan psikologis
Penderita kepribadian ganda tak jarang merasa terganggu dengan kondisi yang dideritanya sehingga muncul gangguan psikologis lain seperti dilanda rasa panik atau cemas berlebihan. Suasana hati sering berubah seperti sering merasa sedih, marah, merasa tidak berharga, bahkan sampai merasa ingin bunuh diri. Gangguan makan dan tidur juga bisa dialami oleh penderita kepribadian ganda.

4. Gejala depersonalisasi
Tanda ini bisa digambarkan sebagai sensasi seperti menonton atau melihat diri sendiri ketika kepribadian lain menggantikan karakter asli seseorang. Orang yang mengalami gejala ini seakan tak berdaya dan hanya bisa melihat ketika tubuhnya diganti oleh kepribadian lain. Ketika merasakan gejala ini, orang dengan kepribadian ganda juga dapat merasa sulit mengenal realita.

Tanda gangguan kepribadian ganda sering disamakan dengan skizofrenia, padahal kedua gangguan ini jauh berbeda. Skizofrenia adalah gangguan mental yang salah satu gejala utamanya sering berhalusinasi, yaitu melihat atau mendengar hal-hal yang tidak nyata. Orang dengan skizofrenia tidak mengalami kepribadian ganda.

Jadi berbeda antara kepribadian ganda dan skizofrenia ya, semoga bisa menambah pengetahuan kalian semua.

Leave a Reply

%d bloggers like this: