Monday, March 25

Tips Liburan Bareng Si Kecil Tanpa Ruwet

(Foto: ohayo.co.id)

Triwarta.com, Jakarta – Liburan jadi salah satu sarana untuk bikin hubungan orangtua dan anak makin erat. Cara ini juga jadi solusi paling pas untuk menikmati quality time bareng keluarga tercinta. Nah, liburan keluarga bersama si kecil tentu sedikit berbeda. Kamu harus membuat planning dan mempersiapkan segala sesuatunya secara matang agar tak terjadi keruwetan saat sedang berlibur.

Nah, berikut ini ada beberapa tips agar liburanmu seru dan juga nggak terlalu capek walaupun bersama anak-anak.

Yang paling pertama harus diperhatikan adalah kesehatan seluruh anggota keluarga terutama si kecil. Jika ada salah satu yang sakit tentu agenda liburan akan jadi berantakan. Karena itulah pastikan si kecil sedang dalam keadaan fit.

Selanjutnya tentukan destinasi liburan bersama si kecil. Sesuaikan dengan keadaan saat itu, misalnya saja musim dan cuaca, lalu keadaan fisik si kecil, jika masih butuh pengawasan ketat maka hindari lokasi-lokasi yang ekstrim.

Next, jangan membawa barang terlalu banyak. Pilih saja yang benar-benar dibutuhkan agar nanti di sana tidak ribet. Jika perlu buat daftar kebutuhan si kecil, dari baju, makanan, hingga obat-obatan. Jika si kecil ingin membawa mainan, bawalah yang ukurannya kecil agar lebih leluasa di jalan dan menghemat barang bawaan. Sesuaikan barang bawaan mom dengan usia si kecil, karena kebutuhan anak di bawah 1 tahun pasti berbeda dengan anak usia di atas 3 tahun.

Jangan lupa selalu membawa cemilan sehat untuk anak seperti biskuit dan buah agar si kecil tidak merasa lapar dan bosan selama perjalanan. Jika si kecil berusia lebih dari 2 tahun/sudah tidak menyusui, mom bisa membawa susu UHT yang jauh lebih praktis dibanding membawa susu kaleng, termos, botol susu, dan perlengkapan susu yang lain.

Selanjutnya pilih waktu yang pas untuk berangkat dan jangan sampai liburanmu terganggu kemacetan yang bikin bete dan nggak semangat sesampai di tempat wisata.
Pikirkan transportasi yang akan mom gunakan. Jika bepergian naik pesawat, pilih jadwal penerbangan malam hari untuk menghindari si kecil jetlag dan bisa tidur saat dalam perjalanan.

Bawalah baby carrier atau stroller agar mom dan si kecil tak mudah capai saat liburan.

Saat di tempat wisata biarkan anak-anak berkegiatan atau berlarian sesuka mereka. Anak-anak butuh waktu untuk bermain dan berlari-lari saat berlibur. Ini ditujukan untuk mengalihkan kelebihan energi yang dimiliki dan mengurangi rasa jenuh. Biarkan saja mereka melakukan apa yang mereka senangi, tapi Mommy harus tetap mengawasi mereka agar aman ya.

Nah, jangan tunda liburan bareng si kecil yaa. Liburan sangat baik manfaatnya untuk perkembangan mental anak. Selain itu hubungan antara orangtua dan anak akan makin lekat. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya.

Sumber: Vemale.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: