Friday, March 22

Semua Data Tersimpan Di WhatsApps Akan Terhapus, Berikut Cara Menghindarinya

(Ilustrasi : web.whatsapp.com)

Triwarta.com, Jakarta – Bagi kamu pengguna aplikasi kirim pesan WhatsApp maka perlu hati-hati dengan data yang disimpan. Pasalnya, WhatsApp telah memperbarui kebijakannya tentang fitur backup yang diterapkan. Pengguna yang tidak memperbarui data yang disimpan ke penyimpanan online Google Drive, berpotensi akan dihapus selamanya.

Kebijakan ini diterapkan setelah WhatsApp mengumumkan kerja samanya dengan Google beberapa waktu lalu. Untuk itu, data pengguna yang sedianya disimpan di bagian backup WhatsApp kini harus kamu pindahkan ke Google Drive.

Dilansir brilio.net dari laman resmi WhatsApp, aturan ini mulai berlaku pada 12 November 2018. Tapi kalau kamu terlalu malas untuk memindahkan data backup ke tempat baru, siap-siap terima akibatnya. Sebab platform pengirim pesan ini akan menghapus semua data yang tak diperbarui selama satu tahun.

“Kamu bisa backup obrolan dan media ke Google Drive, jadi kalau kamu berganti Android, chat dan media tidak hilang dan bisa dipindahkan (ke Android baru) dengan mudah,” jelas WhatsApp.

Meski dipindah ke Google Drive, tapi kamu tidak perlu khawatir kapasitas penyimpananmu bakal penuh. Sebab, Google tidak akan mengurangi kapasitas penyimpanan meski kamu mem-backup banyak teks, foto maupun video.

Whatsapp hapus backup © berbagai sumber

Untuk mem-backup data WhatsApp caranya sangat mudah. Dilansir brilio.net dari laman independent, kamu tinggal buka ke aplikasi WhatsApp lalu masuk ke bagian pengaturan. Setelah itu pilih bagian chatting dan pilih lagi cadangan chat. Nah, langkah terakhir adalah dengan memilih cadangkan ke Google Drive.

Segera backup datamu ke Google Drive kalau nggak mau kehilangan foto-foto berharga yang pernah kamu kirim dan dikirim dari WhatsApp, ya!

Penulis : Fariana

Leave a Reply

%d bloggers like this: