Sunday, March 24

Inilah 7 Masjid Unik di Indonesia

Triwarta.com, Jakarta – Siapa sangka kalau bangunan masjid ternyata bisa memiliki arsitektur yang unik sekaligus menarik? Masjid memang merupakan tempat untuk melakukan ibadah, tapi tidak hanya itu, beberapa bangunan masjid ini pasti akan membuat kamu tertarik untuk menggunjunginya.

Masjid Kuno Bayan Beleq

(Foto: kekunaan.blogspot.com)

Masjid yang terletak di Desa Bayan Kecamatan Bayan, Lombok ini merupakan masjid tertua yang sudah dibangun pada abad ke – 17 SM. Bentuk dari masjid ini memang serupa dengan bentuk rumah–rumah penduduk disekitarnya, tapi masjid yang sudah berusia lebih dari 300 tahun ini adalah salah satu situs bersejarah di Indonesia karena merupakan masjid pertama yang dibangun di Lombok dan sebagai saksi awal masuknya ajaran agama Islam. Di dalam bangunan masjid ini terdapat baleq (makam) salah seorang penyebar ajaran agama Islam pertama di kawasan ini yaitu Gaus Abdul Rozak, mungkin hal inilah yang menyebabkan masjid ini diberi nama Masjid Bayan Baleq.

Masjid Cheng Ho

(Foto: www.islamiceconomic.org)

Masjid yang terletak di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya ini sebenarnya memiliki nama masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang. Bangunan masjid yang merupakan perpaduan unsur budaya Cina dan Arab ini memiliki arsitektur yang menyerupai sebuah klenteng. Masjid yang dibangun di atas tanah seluas 5.000 meter ini dicat dengan warna merah, hijau dan kuning. Kehadiran pagoda dengan relief naga dan patung singa pada pintu masuk masjid ini menambah keunikan bangunanya.

Masjid Agung Sumenep

(Foto: pixabay.com)

Lebih dikenal dengan sebutan Masjid Jamik Sumenep merupakan salah satu bangunan masjid tertua dengan arsitektur yang banyak dipengaruhi unsur kebudayaan Tiongkok, Eropa, Jawa, dan Madura. Hal ini dapat dilihat dari pintu masuk utamanya yang memiliki nuansa Tiongkok sedangkan bagunan utama dan atap masjid dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa.

Masjid Agung Demak

(Foto: bujangmasjid.blogspot.com)

Masjid ini merupakan masjid tetua di Indonesia, didirikan oleh Raden Patah, Raja Kesultanan Demak pada abad ke–15 masehi. Masjid yang terletak di Desa Kauman, Demak, Jawa Tengah ini konon pernah digunakan oleh para walisongo untuk berkumpul menyebarkan ajaran agama Islam di Pulau Jawa. Masjid yang memiliki arsitektur khas jawa ini menjadi terlihat unik karena kehadiran menara terbuka

Masjid Menara Kudus

(Foto: wisatajateng.com)

Masjid yang pada awal pembangunannya dinamai Masjid Al–Aqsa dan Masjid Al–Manar ini dibangun pada tahun 1549 oleh Sunan Kudus. Keunikan arsitektur masjid ini terletak pada bangunan menara yang menyerupai bentuk sebuah candi, sebagai bentuk perpaduan antara budaya Islam dan budaya Hindu. Masjid ini juga memiliki delapan buah pancuran untuk wudhu yang diatasnya terdapat arca, jumlah delapan buah pancuran konon mengadaptasi keyakinan Budha yaitu “Delapa Jalan Kebenaran”.

Masjid Cipari

(Foto: Siloka.com)

Masjid Cipari berlokasi di desa Cipari, kecamatan Pangatikan, sudah dibangun sejak tahun 1895 oleh K. H. Yusuf Taudzirin namun baru selesai pada tahun 1934. Keunikan yang terdapat pada masjid ini adalah bentuk bangunannya yang menyerupai sebuah gereja, namun yang membedakan adalah terdapatnya kubah dan menara. Masjid ini juga mengadopsi arsitektur art deco yang memiliki ciri elemen demokratif geometris yang tegas dan keras.

Masjid Perahu

(Foto: Antarafoto.com)

Nama lengkap masjid yang satu ini adalah Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman, memiliki lokasi di jalan Casablanca No 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Tempat wudhu yang berupa perahu besar adalah daya tarik utama dari masjid ini, dibuatnya tempat wudhu yang menyerupai perahu ini terinspirasi dari kisah Nabi Nuh saat membuat perahu besar untuk menyelamatkan umatnya dari bencana banjir besar.
Selain ini, di dalam masjid juga terdapat 13 batu giok dan Al–Quran yang berukuran raksasa dengan cover yang terbuat dari kayu jati. Keunikan yang terdapat pada masjid inilah yang membuat masjid tidak pernah sepi.

Jadi, apakah keunikan yang terdapat pada masjid-masjid ini membuat kamu tertarik dan ingin segera mengunjunginya?

 

Penulis: Sherly

Editor: Ulfa

Leave a Reply

%d bloggers like this: