Sunday, March 24

7 Manfaat Berani Berkomitmen Dalam Percintaan

(Foto: detik.com)

Triwarta.com, Jakarta – Sering kita jumpai pasangan muda masa kini tidak dapat menjelaskan hubungan yang saat ini sedang mereka jalani. Kemana–mana pergi berdua, di telepon bilang sayang, ada lawan jenis lain yang mendekati pasangan jadi cemburu-cemburuan, gak ada kabar bisa bikin galau seharian. Tapi ketika ditanya statusnya apa? mereka jawab “Ya, jalanin saja”. Nah lo!

Usut punya usut, kebanyakan dari mereka berkilah kalau masing–masing dari mereka merasa belum siap berkomitmen untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius.
Jadi, sebenarnya apa sih arti komitmen itu?

Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang mafaat buat kamu yang berani berkomitmen, kita pahami dulu yuk arti komitmen sebenarnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Komitmen adalah : “Perjanjian ( keterikatan) untuk melakukan sesuatu/kontrak” dengan kata lain komitmen merupakan sebuah sikap dan tanggung jawab atas pilihan yang kita ambil.

Lalu mengapa ini menjadi momok menakutkan ?
Mungkin karena banyak dari kita yang berfikir, bahwa berkomitmen itu sama juga berikat janji setia untuk saling mencintai sampai mati, atau jika kamu sudah berkomitmen dengan seseorang maka kamu tidak akan memiliki kebebasan lagi.

Sesungguhnya kamu bisa loh membangun sebuah hubungan berdasarkan keinginan diri kamu sendiri. Kamu dan pasangan bisa menentukan batasan terutama privacy dan kebebasan ketika memutuskan untuk bersama.
Tentu saja semua bisa berjalan beriringan jika hubungan tersebut dibangun atas dasar kepercayaan dan keterbukaan mengenai keinginan dan kebutuhan masing–masing pihak.
Dan untuk kamu yang belum Imunisasi Anti Berkomitmen coba deh baca 7 keuntungan berani berkomitmen ini :

1. Mengetahui Sejauh Mana Keseriusan Kamu
Ini faktor penting dalam memulai sebuah hubungan, sebelum terlampau jauh yang akhirnya hanya menyisakan sakit hati dan air mata. Pilihan yang bijak sangat diperlukan disini. Kalau punya pasangan cuma biar pas pergi kemana-mana ada yang anter, mending sama abang tukang ojek ya kan. Tapi jika yang kamu inginkan adalah pasangan yang serius untuk berkomitmen, tentu kamu harus memilih seseorang yang special, dia yang memang benar–benar layak untuk mendampingi hidup kamu sampai tua nanti.
2. Fokus
Skala prioritas yang sudah kamu susun berdua akan membuat hidup lebih terarah. Pasti kamu pernahkan membayangkan dan membicarakan masa depan dengan pasangan. Nah kalau sudah begitu, lakukanlah hal yang memang sudah menjadi tujuan kalian berdua, kamu hanya perlu fokus terhadap masa depan yang sudah kalian rancang bersama.
3. Lebih Memahami Keinginan Pasangan
Mungkin saat kamu sudah berkomitmen kamu akan menemukan sedikit masalah, mulai dari adu pendapat hingga pertengkaran. Tapi jangan sedih, justru disaat-saat seperti inilah kamu seharusnya memanfaatkan hal tersebut sebagai pembelajaran kamu untuk lebih memahami dan mengerti keinginan pasangan.
4. Mampu Bersabar Dan Berlapang Dada Menerima Keadaan
Setiap manusia pasti memiliki kekurangan, begitu pula dengan kamu dan pasangan. Tidak semua tuntutan itu dapat dijalani loh, jadi mulailah menerima pasangan apa adanya. Sssssttt… Terlalu sibuk mencari kelemahan pasangan bisa membuat kamu melupakan banyak sisi positif dari dirinya loh.
5. Memperkuat Mental
Dibikin bete, kesel, nangis seharian, gak napsu makan. Ini mah namanya bukan cobaan dari Tuhan tapi cobaan dari pasangan. So, makin banyak cobaan makin strong bukan?!
6. Menjamin Keberlanjutan Hubungan
Panas terik hujan badai kita lalui bersama..
Ingat sepotong lirik lagu diatas? Ini bukan lirik biasa lho. Cuma pasangan–pasangan yang berani untuk berkomitmen yang bisa nyanyiin lagu ini dengan lantang. Bagaimana tidak, sudah berkomitmen masa mau nyerah begitu saja. Karena yang dilakukan oleh pasangan memiliki komitmen jika menghadapi suatu masalah adalah duduk bersama dan menyelesaikannya. Kata putus atau cerai tidak ada dalam kamus pasangan yang sudah berkomitmen.
7. Lebih Mudah Mencapai Cita–Cita
Hujan badai saja bisa dilalui, sudah satu visi dan misi tentu cita–cita terlihat sedekat di pelupuk mata. Jangan lupa bergandengan tangan karena saat kamu terjatuh pasangan akan siap sedia membantumu bangun dan berjalan beriringan lagi.

Jadi gimana? Masih takut untuk berkomitmen? Atau sudah menemukan manfaat lainnya dari berkomitmen?
Enjoy your Good Life, Guys!

Penulis: Sherly
Editor: Ulfa

Leave a Reply

%d bloggers like this: