Monday, March 25

Usir Sakit Kepala dengan Tusuk Jarum

Triwarta.com – Sakit kepala dapat dialami oleh siapa saja, tua dan muda, pria dan wanita. Pada beberapa orang, keluhan sakit kepala juga bisa membandel alias sering datang tak kenal waktu dan sulit hilang. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Lalu, ada yang mengatakan bahwa tusuk jarum dapat menjadi solusi untuk meredakan sakit kepala tersebut. Benarkah?

Jika Anda memiliki keluhan sakit kepala, memang lelah rasanya minum obat terus-menerus. Apalagi, obat pereda sakit kepala dapat mengiritasi lambung apabila diminum dalam jangka waktu lama, terutama bagi mereka yang memang sudah memiliki mag sebelumnya.

Ingin mencoba alternatif lain selain obat pereda sakit kepala? Anda dapat mencoba metode tusuk jarum.

Akupunktur atau tusuk jarum adalah ilmu tradisional yang berkembang di Cina sejak 2.000 tahun lalu. Akupunktur menggunakan jarum-jarum halus yang ditusukkan ke berbagai titik khusus di tubuh, sesuai dengan kebutuhan pasien.

Meski banyak orang yang mempercayai keampuhan dan khasiat dari ilmu tusuk jarum tersebut, tak sedikit orang yang skeptis dan menganggap bahwa khasiat tusuk jarum hanyalah mistis dan kepercayaan belaka. Hal tersebut wajar, karena sejak tahun 1970-2005 masih sedikit bukti ilmiah yang dapat membuktikan keampuhan dan manfaat akupunktur.

Terbukti secara ilmiah
Namun demikian, hal tersebut berubah setelah dilakukannya berbagai penelitian yang menjanjikan mengenai pembuktian manfaat akupunktur bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk membantu mengatasi nyeri.

Sebuah penelitian besar yang dilakukan pada tahun 2012 melibatkan 18 ribu pasien dengan keluhan nyeri. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa tusuk jarum memang benar-benar bermanfaat untuk mengatasi nyeri, baik yang disebabkan karena nyeri punggung, rematik (osteoartritis), dan sakit kepala.

WHO sendiri telah mengakui akupunktur sebagai terapi yang menjanjikan untuk mengatasi nyeri sebelum banyak penelitian tentang akupunktur dilakukan.

Akupunktur untuk sakit kepala
Ilmu akupunktur bertujuan untuk mengumpulkan energi positif di dalam tubuh dan mengeluarkan energi negatif. Hal inilah yang diyakini dapat menimbulkan kesembuhan dari nyeri, termasuk sakit kepala.

Ilmu akupunktur membagi tubuh manusia menjadi beberapa zona dan titik. Jarum akupunktur ditusukkan ke berbagai titik tertentu yang memang dekat dengan saraf-saraf di tubuh Anda. Titik-titik yang ditusuk berbeda-beda, tergantung dari keluhan yang dialami oleh pasien.

Nah, jarum yang ditusukkan akan merangsang saraf tersebut untuk mengeluarkan hormon, memperbaiki sirkulasi, dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Harus oleh tenaga ahli
Akupunktur memang terbukti aman untuk membantu mengusir sakit kepala, tetapi Anda harus mempercayakannya kepada tenaga ahli yang berpengalaman. Setelah jelasnya bukti ilmiah teknik tusuk jarum, kini banyak kursus resmi yang dibuka untuk melahirkan para ahli akupunktur tersertifikasi.

Bahkan, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia beberapa tahun terakhir ini telah membuka jurusan spesialis Kedokteran Akupunktur. Dokter lulusan program studi tersebut akan bergelar sebagai dokter spesialis akupunktur, yang tentunya terlatih dan terpercaya untuk melakukan tindakan tusuk jarum terhadap pasien.

Setelah membaca artikel ini, mungkin Anda langsung tertarik mencoba terapi tusuk jarum akupunktur untuk mengatasi sakit kepala yang dialami. Namun ingat, apabila keluhan masih menyerang setelah akupunktur, sebaiknya Anda memeriksakannya ke dokter agar dapat ditangani secara tuntas.

Leave a Reply

%d bloggers like this: