Monday, March 25

Sampai Kapan Boleh Minum Susu?

Triwarta.com – Karena manfaat susu yang banyak sekali, para pakar menyarankan agar orang dewasa pun tetap mengonsumsi susu. Bukan hanya untuk anak-anak atau ibu hamil, susu juga baik untuk dikonsumsi setiap orang. Beberapa literatur merekomendasikan agar setiap orang minum susu sampai setidaknya usia 35 tahun. Alasannya adalah karena usia tersebut merupakan puncak pertumbuhan tulang.

Meski demikian, bukan berarti setelah usia 35 tahun Anda tidak boleh mengonsumsi susu. Anda tetap bisa minum susu, bahkan hingga usia lanjut sekalipun. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan susu yang tepat.

Sebagai contoh, bagi para wanita minum susu adalah hal yang wajib untuk mencegah terjadinya osteoporosis (kerapuhan tulang akibat kekurangan kalsium) di usia tua. Karena itu, sebaiknya para wanita terus mengonsumsi susu, terutama susu tinggi kalsium.

Sementara itu, bagi mereka yang mengalami penyakit tertentu seperti diabetes mellitus (penyakit gula), kolesterol tinggi, atau adanya riwayat penyakit jantung, hindari susu yang tinggi kandungan lemak dan gulanya. Lemak dalam susu dapat memperburuk kondisi penyumbatan pembuluh darah bila Anda sudah memiliki riwayat sakit jantung sebelumnya. Sementara itu, gula yang terlalu tinggi juga dapat meningkatkan berbagai risiko komplikasi pada penderita diabetes. Oleh karenanya, pilihlah susu rendah lemak dan rendah gula, tetapi tinggi akan kalsium dan vitamin D.

Ternyata susu tidak hanya diperlukan oleh anak-anak. Orang dewasa pun sebenarnya dianjurkan untuk mengonsumsi susu. Berbekal pengetahuan yang dipaparkan di atas, jangan lupa untuk konsumsi susu secara rutin sesuai dengan kondisi dan kebutuhan nutrisi Anda.

Leave a Reply

%d bloggers like this: