Friday, April 20

Gubernur Erzaldi Siap Resmikan ‘Jembatan Emas’ Babel, Jumat (29/12)

Triwarta.com – Pemerataan pembangunan khususnya pembangunan infrastruktur terus dicanangkan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung di era Gubernur Erzaldi Rosman Djohan. Salah satunya ditandai oleh berdirinya jembatan megah dan mewah di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, bernama Jembatan Batu Rusa II atau ‘Jembatan Emas’.

Meski sempat menunggu 7 tahun lamanya, dan proyek pembangunan jembatan yang hampir selesai 100 persen ini, segera diresmikan Gubernur Erzaldi Rosman Djohan pada 29 Desember 2017 mendatang.

Gubernur Erzali mengatakan, Jembatan Emas sepanjang sekitar 784 meter ini membentang menghubungkan Kelurahan Ketapang, Pangkalpinang menuju ke Desa Air Anyer, Merawang. Selain menjadi ikon, jembatan ini dibangun untuk meningkatkan aksesibilitas dua daerah itu.

Megah dan Mewah kesan yang diberikan saat melihat Jembatan Emas, maka tak heran kini jembatan itu menjadi populer di media sosial dan menjadi ikon baru Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jembatan itu menjadi tempat favorit untuk berfoto warga Kepulauan Bangka Belitung dan mereka mengunggahnya di media sosial.

“Jembatan Emas ini dibangun dengan konstruksi cable stay dan sistem bascule (jungkit) pada bentang tengahnya. Sistem bascule digunakan untuk mendukung lalu lintas kapal di Sungai Batu Rusa menuju pelabuhan Pangkalan Balam. Dan dengan sistem cable stay, jembatan tersebut mampu menjadi pengaman bagi kapal kapal yang masuk tanpa izin,” Ujar Erzaldi Rosman Djohan saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta Minggu (17/12).

Tak hanya peresmian Jembatan emas nanti, Gubernur Erzaldi juga mencetuskan sebuah ide yang luar biasa. Bersama Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar perhelatan yang akan dilaksanakan di atas jembatan emas. Konser musik yang seyogyanya akan menjadi agenda tahunan provinsi Babel ini dinamakan Jazz On The Bridge.

Jazz On The Bridge adalah sebuah konser yang idenya dicetuskan oleh Gubernur Erzaldi dengan menggandeng Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menghadirkan para musisi Jazz kondang Indonesia.

Selain untuk menandai peresmian Jembatan Emas, acara ini juga dilakukan untuk menyambut malam tahun baru 2018. Para musisi kondang akan tampil di Jembatan Emas Kota Pangkalpinang, 30 Desember 2017.

”Insya Allah jika tidak ada halangan Bapak Presiden akan hadir dalam acara tersebut, bahkan Ibu rini juga kita undang, karena ini infrastruktur hasil cipta dua perusahaan BUMN nasional,” ujar Gubernur Bangka Belitung.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: