Sunday, July 22

Sakit kepala, usir dengan semangka

Semangka
Semangka

Triwarta.com – Sakit kepala merupakan salah satu keluhan kesehatan yang lazim dialami oleh setiap, mulai dari yang ringan hingga berat. Sebanyak 9 dari 10 orang dewasa pasti pernah mengalaminya. Tak jarang kondisi ini mengganggu aktivitas dan kualitas hidup si penderita.

Ada banyak sekali penyebab munculnya sakit kepala. Salah satunya adalah kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi.

Setiap hari tubuh pasti akan kehilangan cairan, baik melalui keringat dan buang air kecil. Padahal tubuh membutuhkan cairan dan elektrolit untuk menjalankan fungsinya. Ketika asupan cairan tidak mencukupi, maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

Semangka
Semangka

Saat dehidrasi, aliran darah pada pembuluh darah di seluruh tubuh ikut menurun. Hal ini juga berdampak pada pembuluh darah yang ada di kepala atau otak, seketika otak akan menciut akibat aliran darah yang kurang. Hal inilah yang memicu timbulnya sakit kepala.

Jika penyebab sakit kepala Anda adalah dehidrasi, Anda dapat menanganinya dengan asupan cairan yang cukup melalui minuman dan makanan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi semangka.

Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kadar air tinggi sehingga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang secara cepat. Selain itu, semangka juga mengandung mineral penting seperti magnesium yang berfungsi mencegah atau meringankan gejala sakit kepala.

Di samping semangka, terdapat makanan atau minuman lain yang disarankan untuk mengusir sakit kepala. Seperti kopi, pisang, biji-bijian, dan ikan.

Sakit kepala memang dapat dicegah dan diatasi dengan minuman dan makanan yang bisa Anda temui sehari-hari. Tapi jika terus berlanjut, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung parasetamol, metampiron, atau asam mefenamat.

Jadi, jika Anda terserang sakit kepala, tidak ada salahnya untuk mencoba konsumsi buah semangka secukupnya. Siapa tahu dapat membantu mengusir nyeri yang Anda alami.

Leave a Reply

%d bloggers like this: