Friday, March 22

Rasa Baru ‘Satu Nusa Satu Bangsa’ Asimilasi Musik Milenial FoxyMuse

Triwarta.com – Berangkat dari semangat nasionalisme yang tak pernah mati, FoxyMuse mencoba mengaransemen kembali lagu nasional Satu Nusa Satu Bangsa karya Liberty Manik dengan warna baru musik generasi milenial. Dengan menjadikannya lebih jazzy, Satu Nusa Satu Bangsa tidak saja menjadi pemersatu kesatuan bangsa, namun juga dapat terus dikumandangkan serta dinikmati melalui asimilasi genre yang populer saat ini.

Terbentuk sejak awal 2016, FoxyMuse para personilnya kental membawakan fusion genre dari Alternative, Blues dan Pop. Dan perjumpaan mereka pada jamming session dan gigs-gigs kecii, menyatukan tiga bersaudari Putri, Cindy dan Amanda dengan musisi iainnya, seperti Paui, Gerry dan Rio.


FoxyMuse banyak mengcover lagu-lagu barat, lagu indonesia, lagu nasional dan juga lagu-lagu daerah. Tak heran bila lagu-lagu FoxyMuse banyak tersebar di YouTube. Bahkan mereka berhasil memenangkan kompetisi lagu nasional dalam kompetisi “Nescafe Music Nation”.

FoxyMuse mengusung genre fusion yang unik dan positive attitude. Satu Nusa Satu Bangsa dipilih mereka sebagai sarana untuk mengembalikan semangat pemersatuan bangsa. Semangat yang sejalan dengan penciptanya, seorang Doktor musik pertama Indonesia, Liberty Manik yang lahir di Sidikalang. Sumatera Utara. 21 November 1924 wafat September 1993 pada umur 68 tahun.


Lagu ‘Satu Nusa Satu Bangsa’ memiliki makna yang sangat dalam. Sayangnya banyak yang hafal tetapi tidak semua orang dapat meresapi setiap kata yang ada pada lagu yang sangat indah diciptakan oleh alm.Liberty Manik. Beliau bermaksud untuk mengungkapkan bahwa, walaupun kita berasal dari latar beiakang yang berbeda. Semua adaiah satu. dan kita semua punya satu tujuan, yaitu ‘Bangsa yang harus kita bela bersama’. Pesan itu adalah pesan yang sering teriupakan. Maka FoxyMuse ingin mengingatkankannya kembali kepada generasi muda.

Debut single FoxyMuse di bulan Agustus menjadi peristiwa terpenting karena berada di bulan kemerdekaan Indonesia. Disaat bendera merah putih berkibar di seluruh pelosok indonesia. FoxyMuse hendak menyatakan rasa cinta kami terhadap lndonesia. Kami ingln momen terpenting dalam grup kami dapat dirayakan bersamaan dengan hari kemenangan republik ini. Semoga FoxyMuse dapat menabur benih-benih positif dalam bangsa ini lewat lagu-lagu yang inspiratif bertemakan hai-hai yang positif. 

Leave a Reply

%d bloggers like this: