Friday, April 20

Hendardji Soepandji: Ajang Piala Indonesia di Rumania, bangun citra budaya bangsa

Triwarta.com – Ketua Delegasi Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN), Hendardji Supandji bila tidak ada aral melintang akan memimpin langsung lawatan budaya internasional nya pada Piala Indonesia lll di Bucharest, Rumania, 9-15 Mei 2017.

Dalam ajang ini, jenis performa yang akan ditampilkan Indonesia sebagai bagian promosi seni dan budaya Nusantara adalah tari Gambyong,tari Yapong, tari Kijang,tari Ratu Sewu Negoro, peragaan busana batik klasik dengan desain modern, sosialisasi tata ruang, dan promosi wisata Indonesia.

“Ini event internasional pertama KSBN, karena itu kami akan all out dalam mempersiapkan segalanya. Terpenting, kami ingin dunia mengenal lebih dekat seni dan budaya Indonesia yang beragam,” imbuh Hendardji.

Piara Indonesia merupakan festival tradisional dari produk Indonesia yang digelar secara rutin oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Rumania. Dan kali ini merupakan yang ketiga sejak Piara Indonesia digelar pertama kali pada 2015.

Ajang Piala Indonesia sendiri digelar sebagai ajang promosi kekayaan budaya, pariwisata, dan ekonomi Indonesia kepada publik Rumania. Terbukti, dalam dua kali penyelenggaraan sebelum nya, ribuan pengunjung utama nya warga Rumania memadati gelaran Piala Indonesia.

Jika tahun lalu, Piala Indonesia ll mengusung tema Experience Summer in Bucharest. Kali ini event Piala Indonesia lll mengusung tema “Flavor of Java”.

Adapun delegasi Indonesia yang akan berangkat ke Rumania adalah Hendardji Soepandji (selaku Ketua Delegasi), Yoseph Umarhadi (anggota DPR), Lindy Ann Umarhadi (perancang busana), Adi Sujatno(peragawan), Titing Widyastuti (penari), Eryka Eka Ariana (penari), Sriyati Wahyuningsih (penari), Irma Nurmala Pratikno (penari), Adya Ninggar Laras Kusumo (penari) dan Merry Morfosa(presenter dan penata artistik).

Sementara itu , menurut anggota DPR RI Yoseph Umarhadi dalam keikut sertaannya ke Rumania. Yoseph juga siap membantu mensosialisasikan 4 pilar bangsa, yaitu: Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika,

“Sebagai anggota DPR/MPR RI, saya punya kewajiban konstitusinal menjadi juru bicara. Saya diminta menjadi narasumber mensosialisasikan nilai dasar kehidupan berbangsa Indonesia”, ujar Yoseph Umarhadi kepada Beritahati.com, Senin (1/5) malam, dikawasan Jakarta Timur.

Tahun ini pun diperkirakan lebih dari 3000 pengunjung akan hadir dalam Piala Indonesia lll (ketiga-red). Termasuk, disaksikan seluruh duta besar negara yang di Rumania.

“Kami, KSBN sangat bangga bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan Internasional yang di gelar KBRI di Rumania. Kami siap turut serta mempromosikan kegiatan seni dan budaya Indonesia di pentas internasional,” tambah Hendardji Soepandji.

Leave a Reply

%d bloggers like this: