Sunday, March 24

Ini Lho Alasan Mengapa Girl Band Korea Selatan Lebih Cepat Bubar

Triwarta.com – Banyak girl band populer asal Korea Selatan yang telah memutuskan untuk bubar dan tidak memperpanjang kontrak dengan agensi yang menaungi mereka. Sepanjang 2016 dan awal tahun ini, tercatat ada sejumlah girl band yang mengumumkan pembubaran diri mereka.

Di antara girl band yang membubarkan diri itu adalah Kara, 4Minute, 2NE1 dan Rainbow. Sementara, yang terakhir adalah Wonder Girls yang telah malang melintang di industri musik Korea Selatan.

Selain itu, masih ada sejumlah girl band yang diduga akan menemui nasib yang sama seperti mereka. Salah satunya adalah Miss A yang terancam bubar tahun ini.

Apa alasan mereka untuk membubarkan diri? Mengutip Allkpop, berikut 5 alasan mengapa girl band Korea Selatan lebih cepat membubarkan diri.

1. Kurangnya kepercayaan terhadap agensi
Beberapa girl band yang mengumumkan pembubaran dikarenakan tidak memperpanjang kontrak dengan agensinya. Beberapa mantan personelnya kemudian mencari agensi baru untuk mencoba peruntungan karier yang berbeda.

2. Perbedaan pendapat
Kelompok vokal wanita dituntut agar bisa terus kompak di setiap panggung. Tapi tidak semua dari mereka tidak terlalu dekat satu sama lainnya.

Alasannya cukup beragam, seperti tidak adanya kecocokan di antara anggotanya. Dalam hal ini, sifat egois yang kurang diatur membuat sebuah kelompok menjadi tidak akur. Meskipun tidak terlihat kasat mata, namun, sejumlah personelnya terkadang hanya terlihat kompak saat tampil di muka umum.

3. Adanya anggota yang bermasalah
Sebuah kelompok vokal wanita memang harus dituntut sempurna dan menjaga image. Sebab, image yang buruk bisa saja merusak reputasi grup yang dikenal bagus menjadi buruk.

Ini terlihat pada anggota F(X) dan T-Ara yang memiliki salah satu anggota yang bermasalah. Ini membuat kelompok tersebut diperkirakan tidak akan bertahan lama.

4. Kehilangan anggota
Keutuhan anggota menjadi kunci sukses untuk bisa bertahan lama sebagai girl band di Korea Selatan. Tapi bagaimana jika ada anggota yang tiba-tiba keluar sebelum kontrak selesai?

Hal ini bisa mempengaruhi popularitas girl band itu. Apalagi, girl band yang tengah daun bisa saja membuat mereka mendapatkan masalah dan tidak bisa bersaing dengan kelompak vokal wanita lainnya .

5. Penjualan album dan menurunnya popularitas
Konsep yang berbeda dan menampilkan musik yang lebih bagus menjadi kunci sukses girl band untuk bisa bertahan lama. Namun jika terus menggunakan konsep yang sama akan membuat penikmat musik menjadi jenuh.

Leave a Reply

%d bloggers like this: