Monday, March 25

Al Jarreau, Penyanyi Jazz Dunia Tutup Usia di Usia 76 Tahun

Triwarta.c0m – Penyanyi jazz dan pop legendaris asal Amerika Serikat, Al Jarreau, mengembuskan napas terakhir di Los Angeles pada usia 76 tahun, Minggu (12/2) di Los Angeles, Amerika Serikat atau Senin WIB.

Meski belum jelas apa penyebab kematiannya, namun pria pemenang tujuh penghargaan Grammy ini dikabarkan sempat menjalani perawatan di rumah sakit akibat kelelahan.

Dilansir dari Variety, kabar duka tersebut telah diumumkan melalui situs resminya.

“Ia akan selalu dikenang. Prioritas hidupnya adalah membahagiakan orang lain dan musik. Ia selalu berusaha melakukannya dalam kondisi apapun. Bernyanyi adalah salah satu caranya untuk melakukannya,” tulis pernyataan tersebut.

Di pernyataan di situs resminya juga, dalam beberapa tahun terakhir, pelantun ‘Ain’t No Sunshine’ ini mengalami masalah kesehatan dan dibawa ke rumah sakit lantaran mengidap penyakit pernapasan saat menjalani tur di Prancis pada 2010.

Awal bulan ini, dia mengakhiri tur-nya setelah melanglang buana selama lebih dari 50 tahun.

Lahir di Milwaukee, Negara Bagian Wisconsin, pada 1940, Jarreau mulai bernyanyi sejak masa kecil dan turut serta keluarganya dalam konser serta acara gereja.

Namun, kariernya sebagai penyanyi profesional dimulai belakangan setelah lulus sarjana di bidang psikologi dan bekerja di pusat rehabilitasi di San Francisco.

Album pertama Jarreau, We Got By, diluncurkan pada 1975 dan mendapat penghargaan musik di Jerman.

Setahun berikutnya, dia merilis Glow, yang juga diganjar penghargaan musik di Jerman. Namanya semakin tersohor setelah melansir album rekaman Look to the Rainbow. Berkat album tersebut, Jarreau meraih penghargaan Grammy sebagai penyanyi jazz terbaik.

Penghargaan serupa diberikan lagi setahun kemudian, kali ini untuk album All Fly Home.

Jarreau tidak hanya berkutat di ranah jazz. Pada 1981, dia merilis album musik pop berjudul Breakin Away, yang mencakup lagu We’re in This Love Together. Koleksi Grammy milik Al Jarreau pun bertambah dengan predikat penyanyi pop terbaik.

Kualitas Al Jarreau sebagai penyanyi serbabisa kian melambung setelah album Heaven and Earth yang dirilis pada 1992 membuatnya meraih penghargaan Grammy untuk penampilan vokal R&B terbaik. Artinya, Al Jarreau telah mengoleksi penghargaan tertinggi musik itu di tiga ranah yang berbeda.

Sebelum tutup usia, menurut akun Twitter-nya, putranya mendapati sang ayah melantunkan lagu Moonlighting kepada salah satu perawat di rumah sakit.

Leave a Reply

%d bloggers like this: