Sunday, March 24

Tayang di 19 Layar, Film tentang Penyair Wiji Thukul Diserbu Penonton

Triwarta – Film tentang penyair Wiji Thukul yang hilang di tengah huru-hara Reformasi 98, berjudul ‘Istirahatlah Kata-kata’ diputar serentak di 19 layar bioskop jaringan 21 mulai minggu ini. Lewat pantauan di media sosial diketahui, para penonton melaporkan tingginya antusias publik menyambutnya.

Akun Twitter resmi film tersebut, beserta akun produser dan sutradara me-retweet setiap kicauan yang melaporkan suasana pemutaran hari pertama di berbagai kota. Dari situ diperoleh keterangan bahwa di sejumlah bioskop, tiket film garapan sutradara Yosep Anggi Noen tersebut ludes terjual untuk beberapa sesi pemutaran.

Film ini juga mendapatkan pujian dari kalangan sesama sineas, antara lain sutradara Joko Anwar dan Mira Lesmana. “Film keren,” kata Mira dalam tweet-nya, seraya mengajak masyarakat untuk menontonnya ke bioskop.

‘Istirahatlah Kata-kata’ mengangkat kisah pelarian Wiji Thukul menjelang tumbangnya pemerintahan Orde Baru. Secara khusus, film ini mengambil periode ketika penyair asal Solo tersebut bersembunyi di Pontianak. Wiji Thukul diperankan oleh Gunawan Maryanto, seorang aktor dari Teater Garasi Yogyakarta.

Selain itu, film ini juga menampilkan Marissa Anita sebagai Sipon istri Wiji Thukul, dan Melanie Subono sebagai istri Martin, aktivis yang memfasilitasi Wiji selama bersembunyi di Pontianak.

Leave a Reply

%d bloggers like this: