Sunday, May 20

Wisata di Bogor Bisa Jadi Pilihan Libur Akhir Tahun

Triwarta.com, Bogor –  Kota Kembang Bandung menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dituju oleh para wisatawan saat libur panjang tiba, terutama saat tiba liburan akhir tahun.

Banyaknya wisawatan dari berbagai daerah yang datang ke Bandung membuat kemacetan tak bisa lagi dihindari saat berada di Bandung. Berbagai tempat wisata menarik hingga kuliner yang unik dan lezat memang tak bisa dipungkiri merupakan salah satu alasan kuat kenapa Bandung menjadi tempat favorit banyak wisatawan.

Namun bagi kalian yang tidak ingin berpergian terlalu jauh ke Bandung untuk menghabiskan liburan akhir tahun ini. Kalian bisa memilih Kota Hujan Bogor menjadi pilihan alternatif untuk menghabiskan waktu liburang di penghujung tahun 2016 nanti bersama keluarga dan teman-teman Anda.

Berikut ini lima tempat wisata menarik di Bogor yang sangat wajib Anda kunjungi untuk habiskan waktu liburan akhir tahun Anda bersama keluarga.

1. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung terletak di desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor. Curug ini tidak terlalu tinggi, namun kejernihan dan kesegaran airnya akan membuat siapa saja tergoda untuk langsung menceburkan diri disini.

Dengan panorama bebatuan dan pepohonan di pinggiran curug yang masih alami dan jernihnya air menjadikan Curug Cibaliung tampak indah dan cantik. Tak mengherankan jika Curug Cibaliung pun menjadi tempat wisata di Bogor terbaru yang bagus dan hits dikalangan anak muda Bogor.

Harga tiket masuk curug ini melalui Curug Leuwi Hejo, yaitu Rp.10.000,- per orang dan parkir motor Rp 5.000,-. Curug Cibaliung juga dikenal dengan sebutan Leuwi Cibaliung atau Curug Baliung. Jadi, kalau sobat traveler mau kesini jangan lupa sebutin semua namanya ya ketika bertanya ke warga sekitar biar tidak kebingungan.

2. Rumah Pohon, Curug Ciherang

Curug Ciherang terletak Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Di Curug Ciherang, Anda bisa menikmati keindahan ketinggian dengan naik ke rumah pohon yang terletak di kawasan curug.

Perlu berjalan menanjak untuk mencapai rumah pohon dari pintu masuk kawasan wisata Curug Ciherang. Perjalanan di jalan setapak tentu tak sedikit membutuhkan tenaga. Perlu tenaga ekstra untuk mencapai rumah pohon. Jalanan sudah dibuat sedemikian rupa sehingga nyaman dan aman untuk para pelancong. Jalanan ini merupakan trek yang sengaja dibuat menggunakan batu-batu dengan susunan rapi.

Rumah pohon terletak di jalan masuk menuju Curug Ciherang. “Ciherang” adalah bahasa Sunda untuk air jernih. Curug Ciherang berarti air terjun (air) jernih. Anda perlu meneruskan perjalanan untuk sampai ke curug dari rumah pohon. Jalanan ke Curug Ciherang naik-turun. Keindahan dan suasana asri Curug Ciherang akan membayar rasa lelah Anda.

3. Taman Safari Cisarua

Taman Safari Cisarua adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang paling ramai di kunjungi pada akhir pekan. Taman Safari Cisarua yang berada di kawasan wisata Puncak menawarkan pengalaman melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan yang hidup di habitat aslinya. Selain menawarkan pengalaman berinteraksi dengan hewan di siang hari, Taman Safari Cisarua juga mempunyai program safari malam sehingga anda dapat melihat kegiatan hewan di malam hari.

Apabila anda ingin berkunjung ke Taman Safari Cisarua pada akhir pekan, perlu diingat bahwa pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional kawasan puncak memberlakukan sistem satu arah, biasanya satu arah naik pada jam 9 pagi sampai dengan jam 11.30 siang, dan satu arah turun pada jam 3 sore sampai dengan jam 6 sore. Harga tiket masuk Taman Safari Cisarua adalah 140,000 Rupiah per orang.

4. Wisata Gunung Pancar

Wisata Gunung Pancar menyuguhkan sebuah destinasi wisata alam yang lengkap bersama dengan tempat pemandian air panasnya. Selain itu, masih terdapat aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di sana.

Kawasan wisata ini terletak di ketinggian 300-800 meter dpl dengan kemiringannya mencapai 15-40%. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi wisata tersebut. Bentang vegetasi Gunung Pancar terdiri dari hutan alam dataran rendah, hutan tanaman, serta semak belukar.

Tentu saja, udara sejuk dan pemandangan yang asri begitu kental terasa. Suhu udara di kawasan wisata Gunung Pancar ini berkisar 24 derajat Celcius di kala malam hari dan pada siang hari suhu maksimal berkisar di sekitaran 33 derajat Celcius.

Leave a Reply

%d bloggers like this: