Sunday, March 24

Ngemil Keripik Kentang Enggak Bikin Gemuk?

Triwarta.com, Jakarta – Selama ini banyak anggapan jika ngemil keripik kentang menjadi salah satu pemicu tubuh gemuk. Padahal tidak semua jenis keripik berisiko hal yang sama apabila dikonsumsi dengan tepat. Anggapan lain muncul dalam sebuah studi baru, para ilmuwan mengklaim keripik kentang salah satu makanan lezat yang tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Maka penelitian ini bertentangan persepsi sebelumnya.

“Kebanyakan orang berpikir bahwa baik-mencicipi makanan menyebabkan obesitas, tapi itu tidak terjadi dalam jangka pendek,” ujar Michael Tordoff dari Monell Chemical Senses Center di Amerika Serikat, dikutip Zeenews, Senin (19/12).

Peneliti merancang serangkaian percobaan pada hewan pengerat alias tikus. Hewam tersebut diberikan keripik kentang tawar atau juga keripik kentang dengan beraneka ragam rasa. Untuk melakukan hal ini para peneliti memberi tikus dua cangkir makanan. Satu kelompok tikus diberikan pilihan keripik kentang tawar dan non kalori. Sementara, satu kelompok lain diberikan keripik kentang tinggi kalori dan sumber MSG.

Jelas, tikus pun lebih suka keripik kentang dengan aneka rasa. Percobaan tetap diberikan selama enam minggu sesuai prosedurnya.

Hasilnya mengungkapkan bahwa tikus yang makan semangkuk keripik kentang setiap hari tidak menunjukkan kenaikan berat badan signifikan. Asalkan hewan pengerat itu diberikan keripik kentang non kalori, rendah lemak dan bukan berbumbu MSG.

Leave a Reply

%d bloggers like this: